Let me tell you my story..

FAKTA DAN MITOS POCONG


Hallooo.. Hallooooooo... 
sebelum membahas FAKTA DAN MITOS POCONG, saya minta maaf karena selama beberapa bulan berturut-turut tidak memposting apapun di blog ini.. dikarenakan saya sedang di sibukkan dengan kegiatan perkuliahan.. :(
postingan kali ini saya tidak membuat sebuah cerita pendek, karena bahan cerita yang sudah saya buat, file-nya ada di note book, sementara minggu ini saya bawa laptop untuk di kosan..

oke, lanjut ke pokok bahasan. ketika membahas soal pocong, jujur, saya paling takut dengan hantu yang satu ini. bentuknya yang mengerikan dan menyerupai seperti "mayat yang kembali hidup" membuat merinding meski cuma memikirkannya saja. hhiiyy..

dari sekian banyak cerita yang pernah saya tonton, dengar, dan baca, ada beberapa mitos seputar hantu lemper khas indonesia ini..

Pertama, dari banyaknya acara tv horror yang pernah saya tonton, rata-rata pocong itu digambarkan dengan perawakan yang agak kurus. Hmm.. Maaf, disini saya tidak membahas mengenai berat badan.. #uhuk
Maksud saya, faktanya, ketika saya ngeliat si "guling putih" ini, perawakannya tinggi besar.. Agak jauh berbeda dengan yang ada di TV-TV.. Ini mungkin disebabkan karena sebenarnya mayat tidak langsung di bungkus oleh kain kafan,  tetapi di lapisi dulu oleh kapas, sehingga tubuhnya terlihat lebih besar lagi.

Yang kedua, Pernah ga sih kalian berfikir soal bagaimana caranya pocong melompat? (jelas lah ga pernah, emangnya penulis, yang gada kerjaan mikirin hal gituan -_- )

Oh iya, ngomong-ngomong soal pocong, katanya mereka gentayangan karena tali pocongnya belum di lepas.. Kalo masalah itu sih saya gatau bener atau enggak nya.. 

Oke,  balik lagi masalah pocong lompat. Logika nya sih karena tangan dan kaki yang diikat oleh tali pocong, jadi mereka agak kesusahan buat jalan atau ngesot. Jadi, cara satu-satunya yang bisa mereka tempuh agar dapat berpindah dari suatu tempat ke tempat lain ya dengan meloncat. Lain lagi ceritanya kalo ada tuyul atau kuntilanak iseng ngangkat kakinya saat pocong lewat agar kesandung. Mungkin selamanya pocong itu bakalan berjalan pake perutnya kayak ulat bulu.. Nah, bisa juga tuh kalian praktekin kejahilan itu saat kalian ketemu pocong.. Hhihihi

Tapii tapi tapiiii...
Faktanya, saat saya melihat langsung si hantu populer ini, ternyata dia melayang terbang.. Entah gimana caranya dia bisa terbang tanpa sayap. semuanya diluar logika. Namun yang pasti, saran saya jika kalian semua udah punya niatan mau ngerjain si pocong ini kayak yang dilakuin kunti sama tuyul, lebih baik kalian hapus niat keji itu.. Karena bukannya si pocong bakalan jatuh,tapi yang ada, kalian akan dikejar dan diikutin kemanapun kalian pergi..

Yang ketiga, mitosnya, pocong itu suka menampakan diri di dekat pohon pisang. Entah apa alasannya. Mungkin karena pisang identik dengan kematian. Karena ketika mayat akan dimandikan, batang pohon pisang suka di jadikan alas seperti bantalan untuk mengganjal kepalanya. Dan memang benar, entah kebetulan atau tidak, saya sering melihat pocong yang berdiri di dekat pohon pisang, bahkan saya juga pernah melihat pocong yang berdiri diatas daun pisang sambil di gerak-gerakan naik turun seperti sedang main trampolin.

Itulah sedikit fakta dan mitos soal pocong. Sebenarnya masih banyak mitos-mitos yang beredar mengenai hantu yang mirip permen loncat ini. Karena keterbatasan pengetahuan saya tentang kebenaran berita dari mitos-mitos tersebut, maka untuk sekarang saya hanya membahas 3 mitos yang paling populer saja. Fakta-fakta yang saya jelaskan diatas murni berdasarkan dari pengalaman saya pribadi saat bertemu pocong. mengenai tingkat keakuratannya, kalian boleh menelitinya lagi dengan menemui dan mewawancarai pocongnya secara langsung *nahloh...

Apa kalian pernah dengar mitos lain tentang pocong selain yang saya paparkan diatas? Kalo iya, kasih tau saya ya di kolom komentar^^



Pic sc : google
 

2 komentar:

  1. kalo nyium bau melati tengah malam juga katanya ada pocong

    BalasHapus
  2. serem ceritanya...

    kunjungin balik ke blog aku yaa..
    lindapoetry.blogspot.com

    BalasHapus

thankyou for read my blog, please leave your comments, follow, share, and enjoy in my world..^^