Let me tell you my story..

Kosan Baru


Sudah sewajarnya jika mahasiswa yang merantau atau memiliki rumah yang jauh dari kampusnya memilih untuk tinggal di sebuah kosan. Tentunya kriteria kosan yang baik adalah yang terdekat dengan kampus, supermarket, warung nasi, tukang fotocopy, dan tempat ibadah. Tapi, yang perlu diingat adalah kamu tak pernah tahu bagaimana sejarah kosan yang kamu tempati sekarang, tentang bagaimana lingkungannya, tentang seperti apa suasana malamnya, atau tentang tanah tempat berdirinya bangunan itu.
Malam itu aku sedang berbaring di ruang tengah di depan pintu kamar sambil internetan di laptop. Ini adalah hari pertama aku menempati kosan ini.
Sebelumnya aku tinggal di kosan yang lumayan jauh dari kampus. Karena aku tidak punya motor, jadi aku merasa capek kalau harus menempuh jarak yang lumayan jauh setiap harinya. Kebetulan ada kosan kosong bekas seniorku yang sudah lulus, lokasinya sangat strategis dan dekat dengan kampus. Jadi ku putuskan untuk pindah kesana.
Dari tadi sore, seusai merapihkan barang-barang dikamarku, aku hanya berbaring malas-malasan di ruang tengah. TV 14 inch berlayar cembung yang terletak bersebrangan dengan kamarku hanya kunyalakan sebentar, lalu kumatikan lagi. Tidak ada acara yang menarik, fikirku.  Aku hanya asik memainkan laptop-ku, sambil sekali-sekali mengecek ke layar HP. Tiba-tiba, suara dering HP-ku berhasil memecah keheningan di ruangan itu. setelah kulihat di layar, ternyata itu dari kak Anis, pemilik kamar kos ini sebelum kutempati. Kak Anis menelepon hanya untuk mencari bukunya yang tertinggal di kamar, dan besok sore dia akan mampir ke kosan ini sebentar untuk mengambil bukunya. Tapi, diakhir kalimat, ia mengatakan sesuatu kepadaku.
“Rul penghuni kosan disitu kan lagi pada nginep di rumah kakak, terus malam ini kamu sama siapa disitu?”
“kalo semuanya pada nginep, berarti aku sendirian disini kak”
“hmm.. kamu pernah dengar cerita ga tentang kosan itu?”
Cerita? Engga.. cerita apa kak?”
“hmm.. engga deh, besok aja aku ceritainnya.. yaudah, hati-hati aja ya.. kalo bisa, temen kamu suruh nginep aja disitu, daripada gaada temen ngobrol”
Setelah berbicara seperti itu, kak Anis berpamitan dan menutup teleponnya.  Aku langsung melanjutkan memainkan laptop-ku tanpa menghiraukan perkataannya. Lagipula, aku sudah terbiasa sendiri. Asal jendela dan pintu terkunci rapat, tak ada yang perlu aku khawatirkan.
Aku masih menatap layar laptop-ku. Mengetik cerpen untuk aku upload di blog pribadiku. Tapi sudah 3 jam, cerpen yang kubuat belum  juga usai. Sepertinya hari ini tidak ada inspirasi. Aku kemudian menghubungi Nita, temanku yang tinggal di kosanku yang dulu. Dan akhirnya kami pindah ke Skype agar bisa video call. ternyata ada Ira juga disana, teman satu kelasku, dan kami ngobrol ini itu dan bercanda sampai tertawa terpingkal-pingkal. Namun ketika di tengah obrolan, tiba-tiba.. mereka berdua berhenti tertawa. Mata mereka focus seperti memandangi layar laptopnya. Ternyata di kotak kecil sebelah kanan atas yang menampilkan gambarku, aku melihat seseorang melangkahiku dan berjalan lurus kearah kamarku. Sesuatu itu berjalan lumayan lambat, karenanya aku bisa melihatnya jelas dari pinggang hingga kakinya.
“tunggu, tadi kalian liat sesuatu ga?” tanyaku pada mereka.
“hmm.. li..liat sih” ucap nita. Ira pun mengangguk setuju. aku mendadak diselimuti rasa takut sekarang, mengingat kak Anis juga berkata kalau ada cerita tentang kosan ini. Kufikir mungkin ceritanya bukan tentang hal seperti ini. Tapi sekarang aku yakin, cerita yang kak Anis maksud adalah cerita tentang penghuni lain di kosan ini. Dengan keringat dingin yang mengucur, nyaliku mulai menciut dan air mata pun ikut menetes.
“kalian tahu ga, kak Anis tadi sempet bilang sesuatu ke aku tentang hal ini”
“kayaknya kamu malem ini nginep aja disini sama kita, nanti kita jemput kesitu sambil sekalian kita beli makan malam” usul Ira. Aku mengangguk saja karena kufikir itu solusi terbaik untuk sekarang ini. tapi tiba-tiba Nita menjerit sambil menunjuk layar laptopnya. Nita pun ikut berteriak
“Astagfirullah..!! Astagfirullah..!!  Nurul, itu dibelakang kamu!!” seru Ira padaku.
Reflek aku langsung melihat pada layar laptop yang mengambil gambarku. Astaga!! Aku benar-benar tak percaya, dibelakangku ada sosok hitam yang sangat tinggi berjalan terseok-seok menghampiriku. Bentuknya tidak menyerupai manusia, karena dia tidak memiliki pundak.. seperti.. seperti burung.. dengan leher yang panjang, rambut hitam menjuntai, wajah putih dan mata yang merah besar yang menonjol keluar.
“Aaaaaaaaa!!”
Aku berteriak histeris, saat aku melihat ke belakang, wajahku dan wajah makhluk itu kini tepat saling berhadap-hadapan. Hanya ada jarak sekitar 3 cm antara kami. Lututku lemas, seluruh badanku bergetar hebat, pandanganku mulai kabur, dan aku kehilangan kesadaranku.

Aku tak tau berapa lama aku tak sadarkan diri, yang jelas ketika hidungku sudah dapat mencium bau minyak kayu putih, aku mencoba membuka mataku perlahan, dan kulihat, banyak orang yang mengelilingiku. Diantaranya ada Ibu dan Bapak pemilik kosan, tetangga disamping kosan, pak ustad, dan Ada Ira dan Nita juga. Setelah Nita memberikanku teh manis hangat, ia menceritakan padaku apa yang terjadi. Ternyata, setelah aku berteriak histeris, aku tiba-tiba menggeram sendiri dan berjalan seperti merangkak, namun dengan posisi kaki yang hampir tegak. Nita menambahkan bahwa Ketika mataku melihat layar laptop, aku menyeringai dan kemudian menginjak laptop itu.
setelah koneksi skype terputus, mereka langsung berinisiatif untuk dating kesini dengan membawa beberapa orang, termasuk pak Ustad, karena mereka khawatir terjadi apa-apa denganku. Pak ustad bilang, kalau aku harus banyak beribadah dan berdoa. Agar hal ini tidak terulang lagi.
 Setelah keadaan mulai membaik, orang-orang berpamitan. Dan malam itu, aku memutuskan untuk menginap di kosan Nita.



 Pict sc : google


 

8 komentar:

  1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  2. Ada sesuatu ga yaa dibalik penjelasan diakhir (?) :o

    ga dapet ceritanya XD

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gaada,, ceritanya masih kayak cerita yang gantung gitu ya? Hehe..
      Nanti diperbaiki.. makasih yaa udah mampir..^^

      Hapus

thankyou for read my blog, please leave your comments, follow, share, and enjoy in my world..^^